Apple Computer Inc.

I.              Pendiri

Apple dibentuk oleh Steven Jobs and Stephen Wozniak tahun 1976 untuk memasarkan Apple I, sebuah papan circuit computer yang telah dirancang mereka dan dibuat di garasi Jobs di Los Altos, California. Mereka menyingkirkan rencana mereka untuk menjual papan itu sendirian ketika sales pertama Jobs menelpon dimintai pesanan untuk 50 unit. Mereka berhasil, bagaimanapun, terjual tanpa monitor, keyboard, atau casing. Perusahaan mereka secara resmi berdiri January 1977 oleh Jobs yang karismatik, Wozniak inventor yang bijak, dan partner baru mereka dan selaku chairman, Mike Markkula. Markkula membawa kredibilitas, perkembagan, engineer dan pengalaman manajemen product, dan pengetahuan dasar yang sangat luas tentang dunia bisnis, sebanyak investasi dana darinya dan hubungan dengan sumber dana Silicon Valley. Markkula juga merekrut semua anggota luar Apple dan menarik manager dari perusahaan high-technology besar yang lain, termasuk Hewlett-Packard, Intel, dan National Semiconductor.                                  apl.jpg

II.              APPLE II Dan MACINTOSH

Tahun 1977 Apple memperkenalkan Apple II, sebuah personal computer yang mampu untuk menghasilkan gambar berwarna, dengan keyboardnya sendiri, power supply, dan delapan slots untuk alat tambahan, yang memberikan user kesempatan yang luas untuk menambahkan software dan hardware. Apple mendirikan markas pusatnya di Cupertino tahun 1978. Apple III computer, diperkenalkan tahun 1980, kurang laku karena masalah hardware dan harga yang tinggi. Dengan pesatnya penjualan Apple II, tahun 1982 Apple menjadi perusahaan personal-computer pertama yang mencetak  total penjualan $1 milyar. Tahun 1983 Apple memperkenalkan Lisa, sebuah personal computer yang dirancang untuk bisnis yang menggunakan mouse untuk memilih perintah dan mengontrol sebuah cursor. Lisa diikuti Macintosh personal computer  tahun 1984, berdasar pada 68000 microprocessor yang dibuat oleh Motorola. Seperti Lisa, Macintosh menggunakan GUI, yang membuat komputer mudah untuk dioperasikan oleh pengguna awam. Apple memasuki pasar kantoran dengan memperkenalkan LaserWriter printernya tahun 1985 dan Macintosh Plus computer tahun 1986, sebuah kombinasi yang meluncurkan pemasaran desktop yang revolusioner. Walaupun perusahaannya meyakinkan di awal tahun 1980, Wozniak meninggalkan Apple tahun 1985 untuk memulai perusahaannya sendiri. Tahun yang sama penjualan mengecewakan dan perpecahan di dalam menuju kepada restrukturisasi, pemecatan pegawai pertama perusahaan, dan keberangkatan Jobs dari perusahaan. John Sculley, yang diangkat Jobs tahun 1983 sebagai president Apple dan chief executive officer, menggantikan Jobs sebagai chairman jajaran direksi perusahaan. 

III.            Ekspansi dan Perubahan 

Akhir 1980 dan awal 1990 adalah waktu untuk tumbuh dan berubah di Apple. Akhir 1980 pendapatan Apple net meningkat dengan pesat, dan di tahun 1990 Apple memperkenalkan generasi baru Macintosh computer, harganya 50 pesen dibawah model sebelumnya untuk menarik pelanggan baru ke Macintosh. Dalam rangka memperluas jaringan Macintosh, Apple mengembangkan sistem softwarenya, modular System 7. Tahun 1991 Apple membentuk aliansi dengan International Business Machines Corporation (IBM) dan Motorola untuk mengembangkan PowerPC family of reduced instruction set computing (RISC) microprocessor. Tahun 1992 Apple memperkenalkan keluarga Macintosh PowerBook laptop computer, yang menawarkan built-in network. Tahun yang sama Apple memperkenalkan QuickTime software, yang memungkinkan computer untuk memainkan video clip dalam aplikasi multimedia.Tahun 1993 Michael Spindler menggantikan John Sculley sebagai chief executive officer (CEO) Apple. Tahun yang sama Apple memperkenalkan Newton, sebuah alat komunikasi handheld dengan berbagai fungsi termasuk kemampuan untuk menerjemahkan tulisan tangan menjadi tulisan ketik. Perusahaan itu juga mengumumkan rencana restrukturisasi yang termasuk pemecatan substansial, penahanan gaji, dan perubahan pada level executive. Tahun 1993 Apple menghentikan produsi Apple II mereka. 

IV.           Perkembangan Terakhir 

Tahun 1994 Apple meluncurkan Power Macintosh generasi dari high-performance computer, computer Macintosh pertama yang berbasis pada Motorola PowerPC chip. Apple juga mulai melisensi OS mereka, Mac OS, kepada manufactur computer yang lain untuk pertama kalinya. Setelah setahun pertumbuhan yang pesat, keberuntungan Apple menurun lagi tahun 1995. Berbagai masalah, termasuk kekurangan dari beberapa model computer, memicu kepada penjualan yang lambat dan kehilangan dana.Tahun 1996 Gilbert F. Amelio, menggantikan Spindler sebagai CEO Apple. Apple meninggalkan rencananya untuk merilis upgrade penting dari OS mereka. Kemudian di tahun yang sama, perusahaan membayar $400 juta untuk mendapatkan NeXT Software, sebuah perusahaan yang dikepalai oleh pendiri Apple, Jobs, dan telah diumumkan rencana untuk merilis sebuah OS baru yang didasarkan dari NeXT technology. Jobs telah kembali ke Apple sebagai seorang konsultan paruh waktu. Dikarenakan kehilangan $816 juta tahun 1996, Apple menolak beberapa merger yang diajukan.Tahun 1997 penjualan perusahaan terus menurun dikarenakan persaingan dengan pesaing Macintosh yang menggunakan Windows OS yang dikembangkan oleh Microsoft Corporation. Tahun itu Apple memecat 4,100 pekerja, atau sekitar 30 persen dari pekerja mereka, sebagai bagian dari reorganisasi yang dirancang untuk mengembalikan perusahaan pada keuntungan. Tahun itu juga, jajaran direktur Apple memecat Amelio. Disaat kepergiannya, Amelio belum menepati janji untuk mengembalikan keberuntungan perusahaaan.Walaupun ia tidak memegang posisi formal dalam Apple pada saat keberangkatan Amelio, Jobs memasang rencana yang berani untuk membangkitkan perusahaan. Ia meminta rival sepeanjang masa Microsoft menginvestasikan $150 juta di Apple, untuk membayar harga yang besar untuk lisensi Apple technology, dan untuk mengembangkan versi Macintosh baru dari Microsoft Office, sekumpulan program aplikasi bisnis. September 1997 Apple mempekerjakan Jobs sebagai CEO sementara, dan ia terus membuat perubahan fundamental dalam strategi bisnis Apple. Ia membalikkan keputusan perusahaan untuk melicensi Mac OS untuk manufactur computer lain, yang telah mengambil pasar dari Apple. Ia menghentikan Newton, computer handheld Apple yang tidak pernah membuat untung. Apple juga memperkenalkan sebuah generasi sukses dari high-power desktop dan notebook computer berdasar pada PowerPC G3 processor yang dibuat oleh IBM and Motorola. Tahun 1998 Apple memperkenalkan iMac, sebuah computer harga murah dengan design yang enak dipandang; iMac dengan cepat meningkatkan pasar PC Apple. Dibangun dari sukses iMac, Apple memperkenalkan iBook laptop tahun berikutnya. Dibawah kepemipinan Jobs, Apple mengalami sebuah pengembalian dana secara dramatis setelah bertahun-tahun merugi, dan keuntungan perusahaan meningkat perlahan. Tahun 2000 Jobs menerima posisi CEO yang permanen dan menghilangkan kata sementara dari jabatannya.   

1 Comment»

  annga wrote @

koq Apple gak begitu tkenall dsini yaaa


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: